Patah Tulang, Hindari Pijat…!

mencegah patah tulang

Saat ini banyak sekali orang-orang yang berobat ke dukun patah tulang. hal ini sungguh disayangkan sebab tindakan yang selama ini di lakukan dukun patah tulang sangat buruk…

Memang jika terjadi patah tulang, termasuk keretakan tulang, secara alami bisa menyambung sendiri. Hanya dengan menyentuhkan antara dua tulang akan kembali menyatu, mungkin ini yang dianggap oleh para pasien tidak harus mahal2 operasi untuk “menyatukan” tulang yang patah. tapi mungkin pasien tidak mengerti bahwa meyatukan tulang yang patah harus sesuai dengan alignment, tidak menggangu organ sekitar seperti syaraf yang membuat sensasi kesemutan, atau malah pembuluh darah yang dapat membuat keadaan menjadi lebih fatal..

Penanganan yang tepat sejak terjadi trauma mempercepat proses penyambungan tulang.

Yakni meliputi lokasi patah tulang, usia, dan ada-tidaknya penyakit yang mengikuti. Penyembuhan patah tulang (fraktur) yang berlokasi di ekstremitas superior (lengan, tangan) lebih cepat daripada tulang-tulang ekstremitas inferior (tungkai, kaki) sebab, tulang ekstremitas superior memiliki fungsi mengangkat beban, makan, dan minum. Sedangkan tulang tungkai dan kaki memiliki beban lebih berat sebagai penopang berat badan.

Jika ada penyakit yang mengikuti kejadian patah tulang, proses penyembuhannya lebih lama. Ada beberapa penyakit penghambat pemulihan tulang. Di antaranya, kanker tulang, Paget’s disease, dan infeksi tulang. Infeksi terbanyak adalah osteomyelitis. Infeksi jenis ini terjadi pada patah tulang terbuka yang mengakibatkan kuman dari luar bisa masuk ke jaringan di sekitar lokasi patah tulang.

Jika tak ada faktor penghambat, tulang dapat tersambung secara sempurna. Begitu pula kekuatannya. Tulang mungkin saja tak tersambung secara sempurna (mal union). Pada kondisi itu, kekuatan tulang yang sudah tersambung berkurang. Otot di sekitar tulang yang membentuk sudut menjadi tidak seimbang sehingga memunculkan rasa ngilu saat otot beraktivitas.

Kasus lain yang berdampak nyeri pada tulang yang patah adalah non union (tulang gagal tersambung) dan delayed union (tulang terlambat menyambung). Kondisi itu mungkin berkaitan dengan kurangnya nutrisi pada jaringan pembentuk tulang. Normalnya, patah tulang pada bayi akan tersambung selama 15-30 hari. Anak-anak membutuhkan waktu 1-2 bulan, dan dewasa 2-3 bulan.

Kerusakan tersebut sering diperparah dengan pemijatan saat patah tulang. Padahal, pijat yang menekan saraf dan otot di sekitar tulang yang patah rawan menimbulkan perdarahan di bawah kulit. Jika terjadi perdarahan, secara otomatis saraf dan otot membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Nutrisi untuk pembentukan tulang tertunda karena otot dan saraf harus menyembuhkan diri dulu.

mengobati patah tulang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s